1.
Teknologi Informasi
a. Pengertian
Untuk
mengetahui pengertian teknologi informasi terlebih dahulu kita harus mengerti
pengertian dari teknologi dan informasi itu sendiri. Berikut ini pengertian
teknologi dan informasi :
Teknologi adalah
pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong
manusia menyelesaikan masalahnya
Informasi adalah
hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian/penataan dari sekelompok data
yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya
Pengertian teknologi informasi menurut
beberapa ahli teknologi informasi :
1.
Teknologi Informasi adalah
studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan,
menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata,
bilangan, dan gambar (kamus Oxford, 1995)
2.
Teknologi Informasi
adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja
dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan
pemrosesan informasi (Haag & Keen, 1996)
3.
Teknologi Informasi tidak
hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan
untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi
komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999)
4.
Teknologi Informasi adalah
segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan
informasi dalam bentuk elektronis (Lucas, 2000)
5.
Teknologi Informasi adalah
teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi
berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (William &
Sawyer, 2003)
Secara
implisit dan eksplisit IT tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga
mencakup teknologi komunikasi.Dengan kata lain, yang disebut Teknologi
Informasi adalah gabungan antara Teknologi Komputer dan Teknologi
Telekomunikasi
Teknologi
Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah
data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data
dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu
informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan
pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk
pengambilan keputusan.
Teknologi
yang memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat.
b.
Perkembangan
Perkembangan
peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi (yang
selanjutnya dikenal dengan istilah teknologi informasi), mulai dari
gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding gua, peletakan tonggak
sejarah dalam bentuk prasasti, sampai diperkenalkannya dunia arus informasi
yang dikenal dengan nama internet.
1.
Masa Prasejarah
Pada
zaman ini, teknologi informasi dan komunikasi yang dilakukan oleh manusia
berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang manusia kenal.
Untuk menggambarkan informasi yang diperoleh, mereka menggambarkannya pada
dinding-dinding gua tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini,
manusia mulai mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar lingkungan
tempat tinggal mereka, kemudian melukiskannya pada dinding gua tempat
tinggalnya. Awal komunikasi mereka pada zaman ini hanya berkisar pada bentuk
suara dengusan dan menggunakan isyarat tangan.
Pada
zaman prasejarah mulai diciptakan dan digunakan alat-alat yang menghasilkan
bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang,
dan isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.
Piktografi
a.
3000 SM
Untuk
yang pertama kali, tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan
simbol-simbol yang dibentuk dari piktografi sebagai huruf. Simbol atau
huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi (penyebutan) yang berbeda sehingga
mampu menjadi kata, kalimat, dan bahasa.
b.
2900 SM
Pada
2900 SM, bangsa Mesir Kuno menggunakan huruf hieroglif. Hieroglif
merupakan bahasa simbol, dimana setiap ungkapan diwakili oleh simbol yang
berbeda. Jika simbol-simbol tersebut digabungkan menjadi satu rangkaian, maka
akan menghasilkan sebuah arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa hieroglif
ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
Hieroglif
c.
500 SM
Pada
500 SM, manusia sudah mengenal cara membuat serat dari pohon papyrus yang
tumbuh di sekitar sungai Nil. Serat papyrus dapat digunakan sebagai
kertas. Kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus menjadi media untuk
menulis atau media untuk menyampaikan informasi yang lebih kuat dan fleksibel
dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya juga digunakan sebagai
media informasi.
d.
105 M
Pada
masa ini, bangsa Cina berhasil menemukan kertas. Kertas yang ditemukan oleh
bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal sekarang. Kertas ini
dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian diratakan
dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang
dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta
atau yang kita kenal sekarang dengan sistem cap.
2.
Masa Modern (1400 M s.d. Sekarang)
a.
Tahun 1455
Pada
1455, untuk pertama kalinya Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak
dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi dan dapat diganti-ganti
dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
b.
Tahun 1830
Augusta
Lady Byron menulis program komputer yang pertama
di dunia. Ia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin analytical
yang didesain sehingga mampu memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan
bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer
digital yang pertama, walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada
bersifat digital.
c.
Tahun 1837
Samuel
Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode
morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Morse
menggunakan kode-kode sederhana untuk mewakili pesan-pesan yang ingin dikirimkan
dengan menggunakan pulsa listrik melalui kabel tunggal. Namun sinyal-sinyal
yang dapat dikirim dengan baik hanya berada dalam jarak 32 km. Untuk jarak yang
lebih jauh, sinyal-sinyal yang diterima menjadi terlalu lemah untuk direkam.
Kemudian, Morse membangun peralatan relai yang ditempatkan di setiap 32
km dari stasiun sinyal. Relai tersebut berfungsi untuk mengulangi sinyal yang
diterima dan mengirimnya kembali ke 32 km berikutnya. Relai terdiri dari
sakelar yang dioperasikan secara elektromagnetik. Sistem telegraf kemudian
segera digunakan untuk bisnis yang membutuhkan pengiriman pesan secara cepat
untuk jarak yang jauh, seperti surat kabar dan pesan untuk perjalanan kereta
api.
d.
Tahun 1877
Pada
1877, Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang
dipergunakan pertama kali secara umum. Pada 1879, sistem pemanggilan telepon
mulai menggunakan nomor yang menggantikan sistem pemanggilan nama. Hal ini
untuk mencegah operator yang tidak mengenal semua pelanggan. Sistem penomoran
telepon menggunakan huruf dan angka, dimana nomor telepon menggunakan sistem
dua huruf dan lima digit angka.
e.
Tahun 1889
Pada
1889, Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu perforasi untuk
melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat
untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus yang
dilakukan pada 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan
perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro Sensus tersebut memperkirakan
bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.
Hollerith
menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah
oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80
variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan
dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan,
kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan
perhitungan juga dapat ditekan secara drastis.
f.
Tahun 1931
Pada
1931, Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan
persamaan differensial. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan
differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan pelajar dan
mahasiswa. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan
poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.
g.
Tahun 1939
Pada
1939, Dr. John V. Atanasoff dan dibantu oleh Clifford Berry
berhasil menciptakan komputer elektronik digital pertama. Sejak saat ini,
komputer terus mengalami perkembangan sehingga menjadi semakin canggih.
Mengenai sejarah perkembangan komputer ini akan dijelaskan pada bagian
berikutnya.
h.
Tahun 1973 – 1990
Pada
masa ini, istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper tentang
TCP/IP. Secara harfiah, internet (interconnected networking) diartikan
sebagai rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian.
Rangkaian pusat yang membentuk internet diawali pada 1969 sebagai ARPANET
yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced
Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh
ARPANET di antaranya adalah kaedah rangkaian tanpa pusat (decentralised
network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet
switching).
Pada
1981, National Science Foundation mengembangkan backbone yang
disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam
pemerintahan.
Pada
1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke
TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang kita kenal sekarang. Kemudian
pada 1986, IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat
koordinasi di antara DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway. Pada
1990-an, internet telah berkembang dan menyambungkan banyak pengguna
jaringan-jaringan komputer yang ada.
i.
Tahun 1991 – Sekarang
Sistem
bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN memungut bayaran
dari para anggotanya untuk menanggulangi biaya operasionalnya. Pada 1992, mulai
terbentuk komunitas internet dan diperkenalkannya istilah World Wide Web
(www) oleh CERN. Pada 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan
jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database
(oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc), dan
jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet). Pada 1994,
pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam
berbagai segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan
dari manusia. Pada 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider
dengan membeli jaringan di backbone. Langkah ini memulai pengembangan
teknologi informasi, khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk
mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.
c.
Pengelompokkan
1.
Teknologi Komputer
Teknologikomputer
adalah teknologi yang berhubungan dengan computer termasuk peralatan-peralatan
yang yang berhubungan dengan computer seperti printer, pembaca sidik jari, dan
bahkan CD Room.
2.
Teknologi Komunikasi
Teknologi
telekomunikasi atau biasa disebut teknologi komunikasi adalah teknologi yang
berhubungan dengan komunikasi jarak jauh.Contoh: Televisi, telepon, radio.
d.
Komponen
Haag, dkk (2000) membagi
teknologi informasi menjadi 6 kelompok yaitu
1. Teknologi masukan (input technology).
2. Teknologi keluaran (output technology).
3. Teknologi perangkat lunak (software technology).
4. Teknologi penyimpan (strorage technology).
5. Teknologi telekomunikasi (telecommunication technology).
6. Mesin pemroses (processing machine) atau lebih dikenal dengan
istilah CPU.
e.
Klasifikasi
1.
Menurut Fungsi Sistem
a.
Sistem teknologi
informasi yang melekat (embedded IT system) adalah system teknologi informasi
yang melekat pada produk lain.
b.
Sistem teknologi
informasi yang khusus (dedicated IT system) adalah teknologi informasi yang
dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus. Contoh: ATM
c.
Sistem teknologi
informasi serbaguna (general purpose IT system) adalah system teknologi
informasi yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas yang bersifat
umum. Contoh: PC
2.
Menurut Ukuran
a.
Super computer
Super computer adalah jenis komputer
yang memiliki kecepatan proses paling cepat. Bisa digunakan untuk menangani
aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalkan untuk peramalan
cuaca dan perancangan roket. Diantara jenis komputer super yang terkenal adalah
Cray (buatan Cray Research, Inc.) dan IBM ASCI White (buatan IBM / International
Business Machine).
b.
Mainframe
Mainframe/ bisa
juga disebut komputer besar, merupakan jenis komputer yang digunakan pada
perusahaan skala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume sangat
besar. Perusahaan komputer yang menjadi pemain utama pada kelas komputer ini
adalah IBM, Fujitsu, dan Unisys.
c.
Workstation
Komputer
Workstation (Terminal kerja) merupakan mesin yang powerfull. Artinya di
komputer ini segala pekerjaan diselesaikan. Komputer-komputer ini mempunyai
kemampuan untuk menyelesaikan aplikasi perhitungan yang rumit.
Komputer-komputer ini menggunakan UNIX atau beberapa operating system/sistem
operasi NT. Komputer-komputerinidilengkapidenganprosesor
RISC yang powerful seperti Digital Alpha atau MIPS.
d.
Mikrokomputer
Komputer mikro adalah komputer personal
(personal computer/PC) yang umumnya single user atau stand alone, namun
saat ini telah banyak PC yang dilengkapi dengan peripheral card untuk
koneksi jaringan atau internet. PC biasanya berupa desktop, yaitu komputer yang biasanya digunakan di meja
tempat bekerja atau belajar. Dengan perkembangan teknologi hardware PC saat ini
menjadi semakin kecil dan portabel seperti notebook yang memiliki kemampuan
sama dengan PC desktop. Oleh sebagian orang, notebook disebut sebagai laptop
yang memiliki arti yang sama. Bahkan saat ini juga terdapat PC tablet, personal
Data Asistant (PDA) atau PC saku (pocket PC) yang kemampuannya
hampir sama dengan notebook.
e.
Microcontroller
Mikrokontroler atau sering disebut
sebagai embedded computer merupakan mikroprosesor khusus yang
berukuran kecil yang biasa dipasang pada peralatan elektronis cerdas, seperti
mobil dan lift. Mikroprosesor ini
membuat peralatan dapat diprogram. Perusahaan yang terkenal nenproduksi adalah
Motorola dan Texas Instrument.
f.
Peran
Peran teknologi mempunyai kaitan yang erat dalam bidang informasi
dan komunikasi. Dalam
teknologi informasi yang banyak digunakan adalah komputer. Dalam makalah ini
tidak dibahas tentang pengertian teknologi informasi dan komunikasi serta
kemampuan komputer. Dan akan pula dibahas tentang teknologi internet yang
banyak mempermudah manusia dalam mencari sumber informasi dan berkomunikasi
dengan orang lain. Melalui sarana – sarana yang ada dalam internet kita dapat
memperoleh informasi dengan mudah, praktis dan cepat sehingga tidak membuang
waktu.Peranan teknologi informasi dalam bidang komunikasi sangatlah besar,
karena dalam adanya informasi yang mendukung, akan terciptalahkomunikasi yang
efektif, dan dengan adanya kemajuan dari kedua bidang tersebut maka akan
majulah suatu pembangunan.
Memperoleh berita dan menyampaikan pesan adalah hal yang tidak
mudah, berita dan pesan seringkali tidak dapat disampaikan ataupun diterima
dalam keadaan basi. Dahulu sulit sekali untuk mengumpulkan dan memperoleh atau
mengetahui hasil penelitian, walaupun kita mempunyai uang dan mempunyai biaya
untuk keperluan itu. Kini jurnal
penelitian dalam berbagai ilmu sudah tersedia, jadi sekarang informasi yang
diperlukan dapat tersedia dan dapat diperoleh dengan mudah, asal memiliki
syarat – syarat yang diperlukan, orang akan dapat membacanya. Terlepas dari
persoalan tentang syarat itu, sekarang informasi yang bersangkutan ada,
tersedia dan dapat kita peroleh dengan mudah, ini dapat kita rasakan apabila
kita masuk toko buku, misalnya Gunung Agung dan Gramedia. Apakah yang tidak
dapat kita peroleh dari situ ? andaipun tidak tersedia, mereka akan bersedia
mencarikannya walaupun harus dipesan dari luar negeri. Bahkan kini juga ada lembaga
internasional yang menyajikan jasa informasi keilmuan dan pengetahuan, misalnya
ERIC.
g.
Manfaat
1.
Bidang Sains: dalam bidang ini teknologi informasi dapat digunakan untuk
meramalkan cuaca, misalnya hujan. Dengan manfaat ini masyarakat dapat mengantisipasi
kondisi tersebut. Selain peramalan cuaca manfaat lainnya yaitu dapat
meluncurkan satelit yang bisa kita pantau dari bumi.
2.
Bidang teknik / rekayasa : manfaat aplikasi pada bidang ini yaitu dapat
menciptakan aplikasi yang bisa digunakan untuk menggambar, merancang pola bagi
arsitek dll. Contoh dari aplikasi ini yaitu, seperti Auto Cad, Corell Draw, Ms
Project
3. Bidang
Ekonomi : pemanfaatan teknologi informasi bagi para pelaku ekonomi yaitu melaui
e-Commerce, dengan e-Commerce pemilik usaha dapat mempublish usahanya melalui
internet. Seperti misalnya informasi mengenai spesifikasi dan harga produk yang
dijual serta transaksi penjualannya.
4.
Bidang Bisnis : Teleconference merupakan salah satu aplikasi yang bisa
digunakan oleh para pelaku bisnis. Dengan aplikasi tersebut pebisnis dapat
terus memantau kegiatan bisnis atau berkomunikasi dengan rekan bisnismeskipun
tidak berada di tempat dan bertatap muka.
5. Bidang
Administrasi Umum : dengan kemajuan teknologi, kegiatan yang tadi nya
dikerjakan secara manual sudah bisa dikerjakan dengan komputer yang tentunya
lebih bisa menghemat waktu dan biaya serta kegiatannya lebih efektif.
6. Bidang
perbankan : Transaksi Bank yang sangat banyak sangat terbantu oleh aplikasi
teknologi dalam perbakan. Misalnya e-Banking akan mempermudah transaksi bagi
para nasabah.
7.
Bidang Pendidikan : peran teknologi di bidang ini memang sangat penting.
Karena dengan teknologi dunia pendidikan bisa lebih efektif dan memudahkan para
pelajar mendapatkan tambahan atu mengembangkan materi yang dipelajarinya.
Selain itu teknologi memudahkan juga dalam proses belajarnya seperti
E-Learning, proses belajar yang bisa dilakukan tanpa tatap muka.
8.
Bidang Pemerintahan : Pembuatan web atau situs pemerintahan akan memudahkan
masyarakat luas mengetahui informasi mengenai pemerintahan. Misal kinerja, program
maupun kebijakan baru yang yang berkaitan dengan insatansi pemerintah.
9. Bidang
Kesehatan : alat pendeteksi jantung untuk mengecek kondisi jantung dan USG bagi
ibu hamil dalam memantau perkembangan janin yang dikandung. Kedua hal tersebut
merupakan contoh penerapan teknologi dalam bidang kesehatan.
10.
Bidang Industri / Manufaktur : pekerjaan mesin-mesin dengan sistem
terkomputerisasi sekarang ini sudah banyak dipakai oleh perusahaan manufaktur.
Pemanfaatan tersebut bisa memberi nilai tambah bagi perusahaan dalam hal 3E
yaitu ekonomi, efisien dan efektif.
11.
Bidang Transportasi : GPS merupakan salah satu bentuk penerapan teknologi dalam
bidang ini. Dengan dipasangnya GPS di mobil para pngendara mobil dapat dengan
mudah menentukan lokasi yang dituju.
12. Bidang
Pertahanan dan Keamanan : keamanan dapat di deteksi dengan pemasangan radar
yang akan memantau perlintasan luar yang masuk baik melalui darat, air maupun
laut.
13. Bidang
Permainan : para penggemar game baik online maupun offline sudah tidak asing lagi
dengan berbagai macam game yang baru hasil dari kecanggihan teknologi.
h.
Kaitan Teknologi
dengan dunia pendidikan
Teknologi merupakan
alat dan media yang dapat membantu penyelenggaraan pendidikan dalam arti luas
maupun sebagai media dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan adanya teknologi
maka kendala waktu dan jarak tidak lagi menjadi masalah.
2.
Pengertian dan
Sistem Komputer secara terperinci
Komputer
(computer) berasal dari bahasa Latin, computare yang berarti menghitung.
Komputer adalah suatu pemproses data yang dapat melakukan perhitungan secara
cepat. Jika kita merujuk pada KBBI, pengertian komputeradalah alat
elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat
menurut yang diinstruksikan , dan memberikan hasil pengolahan , serta dapat
menjalankan sistem multimedia. Namun untuk memperjelas pengertian komputer
mungkin ada baiknya jika kita mengambil dari bahasa aselinya komputer yakni
computer (dalam bahasa inggris). Jika kita telusuri, sepertinya kata “computer”
merupakan kata jadian dari kata dasar “compute”. Compute jika diterjemahkan
dalam bahasa indonesia berarti “menghitung”.
Sistem computer
atau Jaringan
komputer (jaringan)
adalah sebuah sistem
yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber
daya (printer, CPU),
berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban
web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya,
setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang
meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang
memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server).
Desain ini disebut dengan sistem client-server,
dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi
jaringan komputer.
Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian
dihubungkan melalui kabel
maupun nirkabel
sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan
akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat
jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan
tambahan seperti Hub,
Bridge,
Switch, Router, Gateway
sebagai peralatan interkoneksinya
3.
Pengertian secara
terperinci tentang Perangkat Keras dan kegunaannya
Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya
disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari
sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung
atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware
dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang
juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat
dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan
berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. Secara fisik,
Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem
adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan.
Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak
berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini
termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware).
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi
menjadi :
1. Input divice (unit
masukan)
Unit ini berfungsi sebagai
media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk
diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
2. Process device (unit Pemrosesan)
Berfungsi untuk mengolah
informasi yang masuk ke computer.
3. Output device (unit
keluaran)
Merupakan alat untuk
mepublikasikan informasi yang telah diproses.
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
Unit ini sebaga media
penyimpanan data.
4.
Pengertian secara
terperinci tentang Perangkat Lunak dan kegunaannya
Pengertian software secara harfiah adalah piranti
lunak; perangkat lunak; program
komputer. Istilah baku software dalam bahasa
Indonesia adalah perangkat lunak. Software adalah kumpulan
beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komuter dalam menjalankan
pekerjaanya. Software (perangkat lunak) ini merupakan catatan bagi mesin
komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Selain itu, software juga merupakan data elektronik yang disimpan
sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri. Data yang disimpan ini dapat berupa
program atau intruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun
catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang
dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan
logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut
juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. pengolahan pada software
ini melibatkan beberapa hal, di antaranya adalah sistem operasi, program, dan
data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat
dimengerti oleh mesin komputer.
Fungsi Software:
1. Mengidentifikasi program,
2. Menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan
terkontrol, mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien
5.
Pengertian secara
terperinci tentang multimedia dan kaitannya dengan pembelajaran
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti
banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari
beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video
dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan.
Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna
komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat
disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau
media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan
lebih menarik.
“Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick 1996) atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001).
“Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick 1996) atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001).
Media dalam proses pembelajaran adalah segala sesuatu
yang dapat dipergunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan,
perhatian dan kemauan siswa, sehingga dapat terdorong terlibat dalam proses pembelajaran.
Media Pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan untuk mempermudah
penyampaian materi pembelajaran
6.
Pengertian secara
terperinci tentang internet dan kaitannya dengan pembelajaran
Istilah internet
berasal dari bahasa Latin “inter” yang berarti
“antara”. Secara kata per kata, internet berarti
jaringan antara atau penghubung.
Internet sendiri singkatan dari kata “interconnection networking” yang jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan
komputer global) melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit, dan sebagainya.
Jadi, internet merupakan sekumpulan komputer yang terhubung menjadi satu dalam sebuah jaringan komputer yang berada di seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial, hukum, dan budaya sebagai sarana berkomunikasi dan menyebarkan informasi. Oleh karena
internet merupakan sebuah
jaringan, maka sebuah kom-
puter yang terhubung dengan internet akan terhubung
dengan komputer yang
berada di seluruh dunia. Dalam
mengatur integrasi dan komunikasi jaringan
komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP.
Internet merupakan sarana komunikasi yang menembus ruang dan
waktu. Di bidang pendidikan, internet memungkinkan kita untuk mendapatkan
banyak referensi keilmuan dari
perpustakaan maya (library online) yang ada di internet dan sebagai media pembelajaran secara online. Contohnya belajar jarak jauh
dengan menggunakan teleconference internet (e -
learning). Atau mungkin kalian bisa mengunjungi alamat-alamat situs
seperti www.obengware.com untuk mencari
informasi tentang artikel- artikel terbaru
di bidang
komputer, misalnya perangkat lunak
dan perangkat
keras, atau mencari program-program yang bebas dicopy seperti
anti virus, driver-driver, dan
lain-lain.


Tidak ada komentar:
Posting Komentar