Selasa, 15 Juli 2014

PENERAPAN MMI DALAM PROFESI SAYA (MATA PELAJARAN TIK)

Gambar 1
Tampilan awal MMI
Mendidik merupakan tugas utama saya sebagai pendidik. Pada praktiknya di lapangan pelaksanaan tugas ini menjadi beragam cara dan metode serta strategi. Hal ini dapat terjadi karena:
1. Perbedaan latar belakang pendidikan
2. Kualifikasi akademik
3. Pengalaman mendidik
4. Kompetensi sosial dan kepribadian
5. Motivasi mengajar
Faktor di atas akan mempengaruhi cara mendidik seseorang. Jika kualifkasi seorang pendidik baik maka dipastikan ia dapat mendidik dengan baik. Indikatornya adalah produk yang dihasilkan dari proses pembelajaran yang ia lakukan bermutu. Ada banyak pendidik yang mempunyai prinsip yang amat rendah. Implikasinya ia tidak sungguh-sungguh dalam melaksanakan tugasnya. Pendidik seperti ini biasanya ia bekerja hanya berorientasi pada uang saja. 
Sebenarnya tidaklah salah jika seorang pendidik berharap materi sebagai upah atas profesinya sebagai tenaga pendidik. Namun jika ia hanya mengejar materi semata tanpa memperhatikan tanggungjawab maka inilah yang termasuk kategori keliru. Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa; "Bekerjalah dengan sebaik-baiknya maka hak itu akan datang sendirinya."
Sekaitan dengan pembahasan di atas saya belajar untuk menjadi tenaga pendidik yang baik dan bertanggungjawab. Hal ini dibuktikan dengan melakukan persiapan mendidik dengan baik. Salah satunya adalah saya menyajikan materi pembelajaran TIK dalam bentuk Multimedia Interaktif. Usaha ini mungkin dianggap biasa akan tetapi bagi saya ini adalah sebuah usaha nyata untuk memperbaiki kinerja agar lebih baik.Berikut ini gambar MMI yang saya gunakan pada pembelajaran.

 Gambar 2
Tampilan materi dalam bentuk video

 Gambar 3
Tampilan materi dalam bentuk teks dan gambar ilustrasi

 Gambar 4
Tampilan evaluasi

 Gambar 5
Tampilan soal evaluasi

Gambar 6
Tampilan skor/nilai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar